mendesain dimension pada mondrian cube menggunakan pentaho

dalam mendesain dimensi pada cube Pentaho, seringkali menemui kebuntuan,bagaimana mendesain sebuah dimensi, sehingga memenuhi kasus-kasus yang dihadapi. artikel tutorial ini membahas bagaimana cara kita menerapkan berbagai jenis dimensi menggunakan pentaho sebagai BI dan Openbravo ERP sebagai OLTP. mulai dari mana? tentu saja mulai dari 0! hehehe.

laporan analisis dalam business intelligent (BI) dibuat dalam bentuk CUBE, yang didalamnya terdapat serangkaian measurement dan dimension. tidak terkecuali Pentaho, measurement dan dimension juga merupakan keniscayaan. dalam proses pembuatnnya, anda boleh jadi menemui kebuntuan. hampir semua kasus kebutuhan dimensi yang anda perlukan, sudah diteliti oleh developer-developer BI dunia, dan sudah dirangkum dalam serangkaian jenis-jenis dimensi, jadi tidak perlu mengarang sendiri. sebab bisa jadi yang anda karang itu, sudah ada di rangkuman jenis-jenis dimensi sebagaimana yang saya jelaskan diatas.

jika anda tertarik lebih dalam terhadap konsep desain dimensi, atau dikenal dengan istilah slowly changing dimension (SCD), saya anjurkan untuk membaca dengan seksama memperdalam konsep SCD ini di link wikipedia ini. berikut adalah jenis-jenis dimensi yang akan kita terapkan:

  • SCD tipe 0 (retain original)
  • junk dimension
  • time dimension
  • geography dimension

sebagai sumber data, kita akan memanfaatkan Openbravo ERP modul inventory. Dalam modul inventory di Openbravo ERP, kita akan menggunakan cube inventory transaction, yang didalamnya memuat informasi pergerakan barang keluar/masuk gudang, misalnya pengiriman barang ke customer, penerimaan barang dari supplier, transfer antar gudang, pengeluaran barang untuk pemakaian internal perusahaan, selisih persediaan hasil dari stock opname, dan lain-lain. Dalam tutorial ini akan digunakan client FnB International di Openbravo ERP sebagai sumber data. Halaman berikutnya kita akan mulai eksekusi bagaimana caranya membuat table dimensi sesuai konsep SCD tipe 0.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s