membuat workflow sederhana di Activiti BPM

belajar membuat workflow di Activiti BPM, mudah sekali! kita akan membuat workflow sederhana tetapi kasusnya nyata, real world: alur proses peminjaman dokumen.

peminjaman dokumen adalah hal umum yang terjadi di perusahaan. biasanya ada 1 unit kerja khusus yang memiliki tanggung jawab mengelola dokumen, yaitu:

  • menyimpan
  • mencatat siapa saja penerima dokumen controlled copy
  • jika ada dokumen dengan versi baru, maka dokumen controlled copy dengan versi lama yang masih berada di penerima dokumen harus ditarik, untuk diganti denngan controlled copy dengan versi terbaru.

namun ada saja kasus, user yang tidak didesain sebagai penerima dokumen controlled copy, meminjam dokumen. sehingga, menjadi lumrah kalau kita sediakan sistem yang mencatat siapa saja yang meminjam, supaya bisa diketahui siapa dulu yang pinjam, dan kapan kira-kira akan dikembalikan.

pertama, login dulu ke activiti explorer

klik menu processes di header.

klik sub menu model workspace di window processes ini.

klik new model, lalu isikan keterangan alur proses yang akan kita buat.

klik tombol create jika sudah, activiti designer akan ditampilkan.

buatlah alur proses dengan 1 start event, yang dilanjutkan dengan 1 user task, dan ditutup dengan 1 end event.

set alur proses ini dengan data-data berikut ini:

  • process identifier: peminjamanDokumen
  • name: Peminjaman Dokumen

klik pada start event, berikan data-data berikut ini:

  • id: start
  • name: Start
  • initiator: initiator
  • form properties:
    • peminjam
    • tanggalPinjam
    • tanggalKembali
    • keterangan

klik pada user task, berikan data-data berikut ini:

  • id: pengembalianDokumen
  • name: Pengembalian Dokumen
  • assignments: ${initiator}
  • form properties:
    • peminjam
    • tanggalPinjam
    • tanggalKembali
    • keterangan

simpan workflow.

anda akan kembali ke menu processes, di sub menu model workspace, tapi sekarang sudah ada dokumen baru: peminjaman dokumen.

sekarang, klik pada opsi model action, pilih deploy. anda akan dibawa ke menu manage, sub menu deployment, dan nampak bahwa workflow peminjaman dokumen sudah di-deploy.

sekarang ini kita sudah punya workflow yang sudah di-deploy, artinya siap digunakan. klik menu processes, dan otomatis terbuka di sub menu deployed process definitions. pilih peminjaman dokumen.

pilih start process, isikan field-field yang diperlukan seperti gambar dibawah ini:

klik start process.

anda baru saja memulai 1 proses dengan workflow peminjaman dokumen. buka menu processes, sub menu my instances.

gambar diatas sangat luar biasa, karena anda tau sekarang posisi proses yang sudah anda mulai tadi, yaitu workflow peminjaman dokumen dengan nomor proses 1774 sudah sampai dimana. sekarang klik menu tasks, perhatikan di inbox-anda sudah ada 1 task.

perhatikan, sekarnag anda tinggal isi tanggal kembali dan keterangan (jika perlu diubah saja). klik complete task. sekarang proses peminjaman dokumen dengan process id 1774 sudah selesai dan closed.

selamat workflow anda yang pertama sudah sukses dibuat, dan itu dibuat dari nol!

halaman berikutnya kita akan merubah field peminjam dari string, menjadi available user.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s