Model Manager di Alfresco

model manager di alfresco adalah tool yang sangat penting! kita akan mengulas model manager di alfresco untuk membuat custom field, sehingga informasi yang melekat pada sebuah dokumen di alfresco menjadi semakin lengkap, dan memenuhi segala macam kebutuhan. tentu saja, tanpa coding sama sekali!

Model Manager memungkinkan kita untuk membuat dan mengelola custom field didalam Alfresco Share. tool ini sangat mudah digunakan untuk menambahkan custom field, aspek, dan properti kedalam model data dokumen anda. Alfresco menyediakan beberapa model konten yang merupakan bawaan alfresco, yang bisa membuat dokumen anda di alfresco menjadi lebih spesifik.
sebenarnya, saya terinspirasi dari lama dokumentasi alfresco disini: http://docs.alfresco.com/5.1/concepts/admintools-cmm-intro.html semua lengkap disana. termasuk didalamnya, yang sangat saya sukai adalah video tutorial cara membuat custom model dengan alfresco model manager:

yang mana setelah membuat custom model/field seperti video diatas, anda bisa langsung pakai. contoh cara memakai custom model/field adalah seperti video dibawah ini:

halaman berikutnya, saya akan membahas, dengan mencontoh 2 video tutorial alfresco diatas, kita akan membuat beberapa custom field untuk menyimpan lokasi dimana hardcopy atas sebuah dokumen itu disimpan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s