koneksi ke database firebird di pentaho data integration (pentaho spoon)

tidak bisa dipungkiri, masih banyak aplikasi lama yang dibuat dengan database firebird. migrasi data dari firebird ke database sql modern memiliki tantangan tersendiri. berikut adalah tutorial untuk membuat koneksi ke database firebird di pentaho data integration, alias pentaho spoon.

contoh aplikasi yang populer di indonesia dan pakai firebird adalah accurate accounting. dan masih banyak lagi, utamanya aplikasi yang dibangun pada era kejayaan delphi di awal tahun 2000-an. memindahkan data dari firebird (atau interbase bawaan delphi), membutuhkan trik yang akan saya sampaikan dalam tutorial ini.

pada dasarnya firebird adalah RDBMS full, yang disimpan dalam 1 file. Dan dikarenakan disimpan dalam 1 file, kita bisa embed database ini ke dalam aplikasi kita. Di ubuntu ada aplikasi firebird2.5-super (sebagai server db firebird) dan flamerobin (sebagai GUI untuk db administrator). install kedua aplikasi diatas

sudo apt-get install firebird2.5-super flamerobin

jalankan service firebird db:

sudo service firebird2.5-super start

catat username dan password firebird anda. user dan password ad di SYSDBA.password yang bisa dilihat dengan perintah berikut ini

cat /etc/firebird/2.5/SYSDBA.password

kemudian buka pentaho data integration (alias pentaho spoon anda). buat transformation baru, lalu buatlah koneksi database baru. isikan hostname dengan localhost, database name dengan full path ke file firebird (fdb) anda, port dengan 3050 (default port firebird), username dan password sesuai dengan isi file SYSDBA.password.

tert connection anda, dan wohaaa, sekarang sudah berhasil connect dengan firebird dengan gaya sql JDBC.

sekarang kita ke topik lagi, membuka database firebird menggunakan flamerobin, tool berbasis GUI untuk db administrator. buka aplikasi flamerobin anda.

klik kanan pada server localhost/3050, pilih register existing database, masukkan parameter database seperti tadi di penataho spoon.

klik save.

double klik pada db employee

wohaa, sekarang anda sudah bisa explore db firebird anda dengan gaya desktop, via flamerobin. gaya yang sama dengan postgresql menggunakan pgadmin.

salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s