membuat cash flow statement di openbravo

berikut adalah tutorial membuat cash flow statement di openbravo, dengan metode indirect.

pada dasarnya cash flow statement dengan metode indirect adalah rangkaian akun-akun, yang disusun semikian hingga, membentuk statement of cash flow. hal ini sejalan dengan sebagaimana diuraikan pada halaman website ini. dengan demikian, kita bisa memanfaatkan balance sheet and PL setup sebagai sarana dalam membuat cash flow statement. langsung saja, berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:

  1. buatlah group account tree tersendiri yang khsusu untuk COA. akun-akun ini memiliki struktur sebagaimana cash flow statement yang dibutuhkan. manakala perlu mengambil dari akun di neraca atau laba rugi, maka bisa dilakukan dengan membuat formula di sub tab customized element.
  2. buatlah record baru pada balance sheet and PL setup untuk mendefinisikan cash flow statement. pastikan report type diset pada periodic, sebab cash flow statement adalah laporan yang periodic (bukan point in time). record ini hanya memiliki 1 record di subtab grouping category, dan juga hanya 1 record pada sub tab node. khususnya pada subtab node, arahkan akun pada akun yang menjadi induk dari akun-akun cash flow pada account tree anda.
  3. untuk menguji, buka laporan balance sheet and PL
  4. hasil jadinya seperti gambar berikut ini:
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s