Membuat RESTful Web Services di Java dengan Jersey

Membangung RESTful Web services yang memungkinkan anda untuk mengeluarkan data anda secara mudah, dalam berbagai format (xml, json, dll), dan dilengkapi dengan abstraksi (menyembunyikan hal hal low-level pada komunikasi client-server) bukanlah hal yang mudah tanpa toolkit yang handal. Blog post ini akan berbagi cara membangun RESTful Web services di Java menggunakan Jersey.

Informasi lengkap mengenai Jersey bisa dilihat disini. tutorial menggunakan jersey bisa dilihat di tutorialpoint atau di vogella. Pada kesempatan ini saya membuat sebuah aplikasi java web sederhana, tanpa IU, isinya web service saja. kasusnya pun sederhana, aplikasi web ini bisa meresponse request atas web service untuk menangani operasi CRUD pada database (postgresql). tutorial connection pooling di postgresql bisa dilihat disini. Jangan lupa, dalam menyediakan koneksi ke database harus menggunakan singleton, sebab koneksi ke database ini boros resources. Tutorial mengenai singleton bisa dilihat disini.

apa yang saya sampaikan diatas, sudah saya buat project java di eclipse IDE, dan bisa di download disini. itu adalah java web eclipse project, jadi tinggal import saja.

berikut adalah penjelasan mengani 4 kode java yang ada disana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s